Semua Tentang Personil Band Muse

"Matthew Bellamy"




Matthew James Bellamy, lahir tanggal 9 Juni 1978, di Cambridge, Inggris. Ayah Matt, George adalah rhythm guitar di band 1960an The Tornados, dimana mereka merupakan band british pertama yang menduduki puncak tangga lagu Amerika dengan lagu ‘Telstar’. Matt membuat lagu Knight of Cydonia karena terinspirasi dengan lagu ini. Yaitu dengan genre space rock sound serta video klip dengan koboi, alien, dan mesin waktu. Ibu Matt, Marilyn, lahir di Belfast, Irlandia dan pindah ke Inggris pada tahun 1970an. Pada hari pertama ia pindah, dia bertemu dengan George, yang bekerja sebagai supir taksi di London. Setelah pindah ke Cambridge, dimana kakak Matt, Paul, lahir. Mereka pun menetap di sana. Matt mulai belajar piano pada umur 6 tahun. Pertengahan 1980an, keluarga itu pindah ke Teignmouth. Setelah ayah dan ibunya bercerai, Matt pun tinggal bersama neneknya yang tidak mempunyai banyak uang. Neneknya lah yang mengajari Matt untuk bermain gitar, ketika ia berusia 14 tahun.
Dari sinilah karier Matt dimulai. Dia pun membentuk band bersama Dom Howard . Setelah dua tahun dan para personil lain band mereka keluar, mereka mengajak Chris Wolstenholme. Band mereka pun melaju dengan cepat hingga akhirnya bisa sampai seperti sekarang. Di band Muse, Matt selain menjadi gitaris dan vokalis, dia juga merangkap sebagai pianis dan komponis. Hampir semua lagu yang telah diciptakan Muse, dialah yang membuat lirik dan arasemennya. Jadi bisa di bilang Matt Bellamy adalah frontmannya Muse. Tanpa dia, Muse tak akan mencapai kesuksesan seperti sekarang.
Untuk gitar, dia membuat dan merancang gitar itu sendiri bersama Hugh Manson, dengan label Manson guitars. Salah satu gitarnya adalah Silver Manson. Ini merupakan gitar Manson pertamanya dan tentu saja yang paling terkenal. Gitar ini masih ia gunakan sampai saat ini. Sedangkan untuk piano, Matt berganti-ganti piano tiap jamannya. Tapi sekarang dia memakai Kawai piano.
"Fakta-Fakta Tentang Matt Bellamy"
  • Sebelum menjadi musisi terkenal, Matt yang mempunyai tinggi 173 cm ini pernah bekerja sebagai pembersih karavan dan tukang cat.
  • Matt lancar dalam mengucapkan huruf abjad secara terbalik, yaitu zyxwvutsrqponmlkjihgfedcba
  • Matt memiliki adik perempuan tiri dari hasil pernikahan ayahnya yang lain.
  • Saudara laki-laki George Bellamy tertembak dan mati di utara Irlandia sekitar tahun 1960-1970an dalam keadaan yang mencurigakan. Dia adalah tentara dari British Amry, tapi IRA tidak pernah mendapatkan petunjuk tentang kematiannya dan tak ada hasil yang berarti. Itu merupakan salah satu faktor obsesi Matt akan teori konspirasi.
  • Matt Bellamy telah mempublisasikan alamat e-mail nya. Yaitu qua[et]aol.com. Entah apakah alamat itu masih berfungsi atau tidak.
  • Matt Bellamy juga menggunakan narkoba yang bernama hallucinogens, yakni sejenis obat yang bisa membuat kita berhalusinasi. Tapi dia hanya mengomsumsinya setahun sekali. “Untuk membuat langkah baru,” katanya.



"Dominic Howard"

Dominic James Howard lahir di Stockport, Cheshire, di Inggris pada tanggal 7 Desember 1977. Saat dia berumur 8 tahun, dia pindah bersama keluarganya ke Teignmought, sebuah kota kecil di Devon. Dia mulai bermain drum pada umur 12 tahun, dimana dia terinspirari oleh aksi band jazz di sekolahnya .
Band pertama Dom bernama ‘Carnage Mayhem’, saat dia di sekolah. Sementara itu, dia menolong Matt Bellamy, seorang gitaris tapi tak mempunyai Band. Tak lama kemudian, Matt punya keberanian dan perubahan untuk masuk ke bandnya Dom. Setelah dua tahun, hanya Dom dan Matt saja yang bertahan. Chris Wolstenholme kemudian masuk pada saat ini, meninggalkan posisi drummer di Fixed Pinalty, dan dengan ‘semangat untuk pengorbanan besar’, dia mulai bermain bass.
Di bulan Januari 1994 Gothic Plague akhirnya lahir, tapi kemudian merubah namanya menjadi Rocket Baby Dolls dan akhirnya menjadi Muse. Dari awal terbentuk , Dom dan kawan-kawan sangat serius untuk bermusik. Dia adalah personil yg paling tua diantara mereka, dilanjutkan dengan Matt, dan yang termuda Chris.
Di tahun 2004, Ayah Dom, William Howard, datang untuk menonton aksi Muse di Glastonbury (Absolution Tour), sebuah konser yang dideskripsikan Matt sebagai ‘the best gig in our lives’. Segera setelah konser itu berakhir, William Howard ambruk dan akhirnya meninggal karena serangan jantung. Sungguh merupakan pukulan berat bagi Dom. Setelah mendapat support dari keluarga dan anggota bandnya, Dom pun tenang kembali, dan Muse pun melanjutkan tour mereka.
Dalam hal drum, Dom selalu memakai Tama drums, dan dia memang menandatangani kontrak dengan mereka. Sementara untuk cymbal dia menggunakan Zildjian cymbals. Drum kit nya yang paling terkenal tentu saja Criystal Ice (transparent) Starclassic Mirage kit. Drum ini sering digunakannya setelah rilis album Black Holes & Revelations. Bahkan saat menggelar konser di Jakarta Februari 2007 lalu, Dom menggunakan Drum kit ini.
"Fakta-fakta tentang Dom Howard"
  • Dom merupakan fans dari Queen dan Jimi Hendrix
  • Dom tidak suka memainkan drum pada lagu Knight of Cydonia entah apa sebabnya. Bahkan dia mengatakan riff dan ending lagu ini mengerikan
  • Sebelum terkenal seperti sekarang, Dom pernah bekerja sebagai asisten kantin sekolah dan buruh pabrik kaos
  • Dom sangat jago memasak, begitu juga dalam hal menyetir dan snowboarding
  • Dom seringkali menjumpai fansnya dalam social networking seperti Facebook, MySpace, dan Twitter



"Chris Wolstenholme"

Christoper Tony Wolstenholme lahir pada tanggal 2 Desember 1978 di Rotherham, Yorkshire dan pindah ke Devon pada umur 11 tahun. Ketika kecil, ibu Chris kadang kadang membeli kaset (mungkin piringan hitam), membuat Chris tertarik pada musik. Dia pertama-tama belajar bermain gitar, tapi kemudian lebih memilih memainkan drum. Dia lalu mulai ngeband di Fixed Pinalty, yang bergenre post-punk.
Setelah dua tahun, Carnage Mayhem, band di mana Dom Howard dan Matt Bellamy bergabung, kehilangan bassis mereka. Dom dan Matt pun mengajak Chris unvk menjadi bassis mereka. Semula Chris bimbang, tapi akhirnya memenuhi permintaan tersebut, dan dia harus rela meninggalkan posisi drummer di Fixed Pinalty, dan kemudian menjadi bassis di band baru yang bernama Rocket Baby Dolls, tapi kemudian berubah nama menjadi Muse.
Dia sekarang tinggal di Teignmouth, dengan istrinya Kelly dan keempat anaknya, Alfie, Frankie, Ava-jo, dan Ernie. Chris merupakan fans berat klub sepakbola Rotherham United, tim sepakbola yang ada di daerah tempat tinggalnya.
Bass favorit adalah Fender Jass Basses, yang digunakannya setelah rilis album Absolution dan Rickenbacker 4003 yang digunakannya setelah rilis album Black Holes and Revelations. Dia mempunyai beberapa macam bass Fender, terutama yang American Deluxe. Chris kadang kadang juga menggunakan efek distorsi, seperti pada lagu New Born, terutama pada era Origin of Symetry. Dia juga gemar menggunakan berbagai macam efek dari merek Line6 Effects dan BOSS Effects.
"Fakta-fakta tentang Chris Wolstenholme" 
  • Sebelum terkenal seperti sekarang Chris pernah bekerja sebagai asisten Guitar Shop.
  • Chris pernah kehilangan cincin kawinnya pas konser di jepang. Beruntung ada salah seorang fans Muse yang mengembalikannya.
  • Chris pernah menggunakan IBM T60 Laptops, tapi sekarah telah rusak karena terkena tumpahan air keras. Sebagai gantinya dia sekarang malah memakai Macbook Pro.
  • Saat rekaman Black Holes and Revelations, Kelly sedang mengandung. Dia melahirkan anaknya setelah album ini dirilis. Mereka pun lalu memberi nama anak ini Ernie.

Baca Juga:

blogger yang menyikapi dingin dengan segala perubahan dunia. bergerak hanya karena ada sesuatu yang dia minati

Hot topik lainnya

1 Tanggapan untuk "Semua Tentang Personil Band Muse"

Scroll to top