Fakta Menarik Lagu Save Me - Muse


Fakta Menarik Muse – SaveMe, yang dikutip dari timeline twitter @muserJGJ.

Title : Save Me | Length : 5:09 | Album : The 2nd Law | Composer : @CTWolstenholme

Lagu ini, adalah lagu yang pertama kali di tulis full oleh Chris, dari pertama kali MUSE berkarya.

Selain itu, lagu ini menjadi lagu pertama dimana Chris bernyanyi sebagai lead vocal

Tentunya menjadi lagu pertama dalam album dimana Matt tidak menyanyi sama sekali. Selain kaya Intro, Minimum, Interlude

Matt bermain gitar secara full dalam 1 lagu. Tidak bisa dipungkiri bahwa ini adalah keinginan dia dari dulu

Lagu ini pertama kali dibawakan live tanggal 19 September, dan hingga kini cukup sering dimasukan dalam setlist konser mereka

Chris : “saat pertama kali aku menyanyikan lagu ini live, rasanya seperti mau pingsan. Tubuhku berguncang hebat”

Lagu ini bercerita tentang kebiasaan buruk mas keris dengan minuman keras-nya, namun syukur dia sekarang udah berhenti

Perlu diketahui, Chris dulu adalah seorang pemabuk berat, yang tidak bisa hidup tanpa setengguk alkohol setiap harinya

Puncaknya adalah saat penggarapan album The Resistance di tahun 2009, Chris jarang sekali nongol di studio untuk record

Bahkan dia cenderung pasrah menerima lagu yang digarap oleh Matt & Dom

Chris sendiri sebenarnya sempat bingung, Dia pengen berhenti, tapi ada sesuatu yang menahannya. Tapi sesuatunya itu entah apa

Namun syukurlah, atas bantuan teman dan terutama Istrinya, akhirnya dia bisa berhenti dari kecanduan buruknya ini

Dan dibuatlah lagu ini, namun belum dimasukkan di album The Resistance, dan baru nongol di T2L

Kata Chris : “Sebenarnya Lagu ini adlh lagu cinta, intinya kau melewati masa sulit dengan dorongan orang yang kau cintai …”

“… Yang dalam hal ini adalah Istri saya. Saya rasa lagu ini adalah tentang mencari keseimbangan (keharmonisan) … ”

“… Dan keseimbangan itu bisa kalian temui melalui perantara orang-orang yang kau cintai”

Save me from my superstitions. Disini bahkan Keris mengibaratkan Minuman sebagai Persembahan (superstition)

Now i’m Free, from this old Condition. Sekarang aku sudah tidak mabuk-mabukan seperti dulu

Wait, Just a while. Tunggulah aku sebentar, ya memang berhenti dari kebiasaan butuh waktu

And i’ll greet you with a smile. Dan aku akan menemui-mu dengan senyum. Senyum disini berarti harapan untuk hidup yang baru

Hold Me, ’cause i’m sure i’m hated. Disini Chris meminta orang yang dicintai-nya untuk menahan, dalam artian menjaga

Bahkan Chris sendiri sempat merasa kalau dia di benci oleh orang disekitarnya karena kebiasaan buruknya

Promises, they are overrated. Janji yang Chris berikan tentang berhenti, memang berlebihan karena kecenderungan parah-nya

Wait, Just a while, While i’m drowning in Denial. Tunggulah sebentar, sementara aku sedang berusaha mati-matian menolak

Turn me into someone like you Find a place that we can go to Run away and take me with you Don’t let go I need your rescue. Bantu aku berubah seperti mu, carilah tmpt lain yg kita bisa tuju, ayo kita lari & jgn tinggalkan aku. Aku butuh pertolonganmu

Watch me, ’cause i’m on a mission. Lihatlah aku, aku sedang dalam misi. Misi melepas kebiasaan buruk-ku

Hold me back, so i’m forced to listen. Tahanlah aku, dan aku bisa memaksa diriku mendengarmu

Don’t let me go, ’cause i’m nothing without you. Jangan lepas aku, karena aku tidak berarti tanpa-mu

Matt : “lagu ini sangatlah personal dari pengalaman pribadinya. Tentu merupakan Loncatan Besar bagi hidup-nya dan bagi band”

Vocal dari Chris disini ber-range antara F#3dan A4. Disini efek reverb sangat terasa

Namun, meskipun Chris mengisi lead vocal, tapi dia juga mengisi backing vocalnya

Lagu ini bisa dibilang sedikit mellow, dengan tempo 150 bpm, dan birama 3/4

Dari segi musikalitas lagu ini bisa dibilang kurang menonjol dari lagu lain di dalam album, namun maknanya sangat dalam

guitar lebih mengedepankan Tone clean-nya dengan delay yg bulat. Di bagian melodi, Matt memainkan arpeggio dengan gitar

Drum-nya sendiri sebenarnya cukup unik, dengan fill bass drum yang sedikit tricky dan tambahan tambourine

Baca Juga:

blogger yang menyikapi dingin dengan segala perubahan dunia. bergerak hanya karena ada sesuatu yang dia minati

Hot topik lainnya

Belum ada tanggapan untuk "Fakta Menarik Lagu Save Me - Muse"

Posting Komentar

Scroll to top