10 Cara Jitu Fokus dalam Berbagai Hal

Ada sebuah penelitian terbaru dari Universitas California yang memperkirakan, bahwa orang sekarang itu rata-rata menerima informasi sebanyak 35 GB per hari. Padahal 30 tahun yang lalu, kita hanya menerima informasi sebanyak 15 GB per harinya. Setengah dari yang sekarang.

Kita mendapatkan gangguan terus-menerus. Bayangin saja, mulai dari orang sekitar, orang di luar yang menggunakan pengeras suara (mic/TOA), SMS, email, Line, BlackBerry, Twitter, Facebook, Radio, TV, dan lain-lainnya. Apalagi sampai ada yang di browsernya itu buka banyak tab, gara-gara klik ini, klik itu, buka ini, buka itu, tapi sayangnya nggak ada yang diingat. Jadinya pantes kalau konsentrasi kita jadi buyar.

Nah, berikut ini, merupakan 10 Jurus Jitu, bagaimana caranya agar konsentrasi Sobat meningkat.

1. Tinggalkan Multitasking yang Melemahkan Sobat 
Kerap orang-orang besar memberi nasehat kepada kita, untuk fokus dengan target apa yang telah kita tentukan. Jangan difus. Jangan multitasking. Sebab, tatkala Sobat mencoba untuk melakukan semuanya dalam satu waktu, akhirnya di malam harinya nggak ada satu pun yang diselesaikan.

Ada seorang ahli psikologi bernama Dr. Glenn Wilson, beliau meneliti bahwa orang yang sedang bekerja yang sering terganggu karena “dipanggil” handphonenya, mengalami penurunan 10% dari IQnya. Sebaliknya, di lain cerita, ada lagi seorang ahli psikologi bernama Richard Nisbett, yang menemukan ada seorang mahasiswa yang IQnya 100, namun temannya yang juga seangkatan dan sejurusan, IQnya 120. Beliau menyimpulkan, bahwa inilah hasil dari kekuatan fokus.

Karena memang sebetulnya luar biasa banyak manfaatnya kalau Sobat sudah bisa memiliki fokus dan konsentrasi tingkat tinggi. Prestasi akan menghampiri.

2. Konsumsilah Sayur, Buah, dan Makanan Berkabohidrat
Sekiranya nutrisi tubuh Sobat tidak tercukupi, wajar makanya tubuh Sobat susah untuk berkonsentrasi. Jadnya, tubuh Sobat akan lapor ke otak Sobat , katanya Sobat perlu keluar untuk mencari makanan. Hindarilah mengkonsumsi makanan yang bahan-bahan di komposisinya asing bagi Sobat . Daripada itu, mending Sobat makan buah-buahan dan sayur-sayuran, ditambah dengan karbohidrat murni, seperti nasi coklat, kentang, kinoa, oat, dan pisang.

3. Kerjain Tugas yang Paling Penting dan Paling Susah Dulu
Yaps, pertama-tama selesaikan dulu tugas yang urgent, dan rada-rada sukar. Karena biasanya pas udah di tengah jalan, konsentrasi seseorang mulai turun, kemudian bosan dan capek. Makanya, tugas-tugas yang mudah, bisa dikerjakan nanti agak siangan, mungkin bisa setelah sholat dzuhur dan makan siang.

4. Off-kan Semua Gangguan
Pastikan dulu bahwa handphone Sobat udah silent, dan layarnya mati. Berikanlah perhatian penuh pada kerjaan Sobat . Biar konsetrasi penuh. Maka Sobat akan kaget, berapa banyak pekerjaan yang udah Sobat selesaikan.

5. Tingkatkan Level Kesanggupan Konsentrasi Secara Bertahap
Coba Sobat pasang stop watch, diantara ketika awal Sobat bekerja. Kemudian, ketika Sobat merasa mulai jenuh, buyar konsentrasinya, dan mulai terganggu untuk makan, buka notifikasi facebook maupun twitter, dan lainnya.Contoh, katakanlah level kesanggupan konsentrasi Sobat 40 menit. Nah, setelah itu, istirahatlah. Selesai istirahat, kemudian lanjut lagi, coba Sobat paksakan diri Sobat untuk konsentrasi selama 60 menit. Kemudian kalau sudah capek lagi, istirahat lagi. Kemudian lakukan lagi terus nantinya konsentrasi selama 60 menit, sampai suatu saat ketika Sobat konsentrasi selama 60 menit, Sobat udah nggak capek lagi.

Kalau sudah punya limit level baru (60 menit), lakukan lagi hal yang serupa seterusnya, sehingga level konsentrasi Sobat akan terus meningkat.

6. Musik Konsentrasi
Kerap musik bisa membantu seseorang agar tetep fokus. Ntah itu musik slow, beat, dan lainnya. Disarankan, meyetal musik instrumen suatu film maupun suatu game, dimana saat-saat sedang semangat. Saat-saat sedang mendekati victory. Atau kalau bisa, saat-saat melawan Big Boss. Hehehe!

Yah, bisa Sobat inget-inget saja. Ntah itu backsound Kamen Rider, Naruto, Persona 4, Final Fantasy, dan lain-lainnya. Atau mungkin Sobat bisa search di YouTube.

7. Olahraga Teratur
Pikiran yang segar, biasanya selaras dengan badan yang segar pula. Olahraga yang teratur bisa membantu Sobat untuk mendapatkan hal itu. Karena dengan masifnya pemompaan darah yang membawa oksigen ke seluruh tumbuh, termasuk otak Sobat ,  jadi otak Sobat makin fresh.

Baca Juga : Kebiasaan Warren Buffett Menjadi Miliarder
Yah, kerapnya, orang cepat mengantuk, karena di kepalanya kurang supply oksigen. Kok kurang supply oksigen, karena kurang banyak bergerak.

So, tidak bisa tidak. Supaya otak tetap segar dan mampu berkonsentrasi, harus ada oksigen yang cukup, dengan cara banyak bergerak, termasuk olahraga yang teratur.

8. Bangun Kebiasaan
Kita semua punya hasrat cenderung mau melakukan hal apa saja setiap harinya, termasuk kerjaan yang nggak penting. Nah, dengan mengubah segala “agenda pekerjaan” Sobat menjadi “agenda kebiasaan” Sobat , maka otak Sobat akan merekam kebiasaan Sobat di pikiran bawah sadar. Yang kemudian akan membuat Sobat anti dengan pekerjaan nggak penting. Sebaliknya,  malah fokus dan konsentrasi habis-habisan pada yang penting (kebiasaan).

Biasanya untuk melakukan ini, membutuhkan waktu 30 hari. Coba saja Sobat setting sekarang. Misal, seperti ini:

Bangun jam sekian WIB
Sholat tahajjud sekian raka’at
Sholat Shubuh
Kajian Shubuh
Olahraga
Beres-beresin Rumah
Mandi
Sholat dhuha
Mulai kerjaan yang sulit dulu
Istirahat 40 menit
Kerja lagi
Istirahat lagi
Sholat dzuhur
Makan siang
Dan seterusnya..

Begitulah ringkasnya. Baiknya Sobat break down lagi. Misal Sobat bekerja sebagai apa, dan ngerjain apa, dibuat detail aja. Pun, Sobat istirahat itu, ngapain aja, bisa dibreak down juga. Karena, yah itu tadi, kemalasan bisa dikalahkan dengan kebiasaan.
Baca Juga : 4 Tips Perekonomian Tetap Stabil Di saat Menganggur
9. Buat To-Do List
To-Do ListSebelum pergi bobok malam-malam, buatlah agenda Sobat hari esok, Sobat mau ngapain aja. Karena kalau nggak diagendakan, biasanya nggak ngapa-ngapain jadinya. Apapun dikerjain. Ujung-ujungnya, yah jadi buyar.

Sekiranya Sobat buat to-do list, ada deadlinenya lagi, ditempel pula di tempat yang kerap Sobat lihat, jadinya Sobat terpacu untuk bener-bener fokus dan konsentrasi menyelesaikannya.

Barangkali Sobat bisa search aplikasinya di Google Play.

10. Minumlah Air Putih, Jangan Sampai Dehidrasi
Ada sebuah penelitian dari University of Connecticut yang dilakukan oleh para Ilmuwan disana, mereka menemukan bahwa dehidrasi itu bisa mengubah mood seseorang, suasana hati, tingkat energi, dan function mentalnya, daya ingat, bahkan memicu kecemasan dan ketegangan.

Jadi, ingatlah, untuk senantiasa minum yang optimal, supaya tetep fit, fokus, dan konsentrasi.


Sumber gambar: Pixabay, Khudofa-DNA_Blogspot_Com, SmashingHub_com

Baca Juga:

blogger yang menyikapi dingin dengan segala perubahan dunia. bergerak hanya karena ada sesuatu yang dia minati

Hot topik lainnya

Belum ada tanggapan untuk "10 Cara Jitu Fokus dalam Berbagai Hal"

Posting Komentar

Scroll to top